Berita Seputar BPBD Kabupaten Padang Pariaman

Anggota DPR RI bersama BNPB tinjau lokasi bencana di Padang Pariaman

Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Golkar John Kenedy Azis membawa Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejumlah lokasi bencana di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat guna mencarikan solusi untuk mengatasinya.

"Saya sengaja membawa BNPB untuk melihat bencana di Padang Pariaman dan mencarikan solusinya agar bencana tidak berlanjut dan semakin parah,"kata John Kenedy Azis saat meninjau lokasi bencana banjir di Ulakan Tapakis, Sabtu.

Ia menyebutkan adapun lokasi bencana yang dikunjungi yaitu abrasi sungai di Talao Mundam, Kecamatan Batang Anai, lalu banjir di Kecamatan Ulakan Tapakis, dan abrasi pantai di Pasie Baru, Kecamatan Sungai Limau.

John menjelaskan abrasi sungai di Batang Anai telah merusak puluhan rumah sehingga warga banyak yang mengungsi dan diperlu ditangani cepat minimal dengan pemasangan plat besi.

Sedangkan di Ulakan Tapakis terjadi banjir karena muara sungai Batang Anai tertutup pasir serta kondisi sungai yang berbelok- belok sehingga perlu normalisasi dan pemasangan batu grip di sisi kiri dan kanan muara.

Pemasangan batu grip, lanjutnya juga harus dilakukan di Pasie Baru karena sudah merusak rumah warga serta mengancam sebuah sekolah dan perumahan yang berada di daerah itu.

Sementara itu, Analis Kebijakan BNPB Giri Trigondo Tjahyono mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membahas penanganan bencana di Padang Pariaman.

"Saya akan berkoordinasi untuk mengatasi ini," kata dia.

Giri akan berada di Padang Pariaman hingga Rabu (22/12) untuk membahas jalan keluar mengatasi bencana di daerah itu.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan ada tiga kecamatan di daerah itu terdampak banjir akibat meluapnya sungai Batang Anai.

"Hujan sudah mengguyur Padang Pariaman semenjak tiga hari dua malam," ujarnya.

Ia berharap kunjungan dari anggota DPR RI dan BNPB dapat membantu Padang Pariaman dalam mengatasi bencana.

Dilihat: 14