Berita Seputar BPBD Kabupaten Padang Pariaman

Cuaca Ekstrem Landa Kabupaten Padang Pariaman, BPBD Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Padang Pariaman (infosumbar)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman mengingatkan warga setempat untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul terjadinya beberapa bencana alam di daerah itu yang dipicu cuaca ekstrem yang terjadi sejak Senin (25/10) lalu

“Sudah ada beberapa kejadian bencana akibat cuaca ekstrem yang melanda kawasan Padang Pariaman,” kata Kalaksa BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya, saat dihubungi infosumbar, Rabu.

Ia menjelaskan, bencana yang terjadi diantaranya, pada Senin (25/10) sekitar pukul 17.00 WIB, tanah longsor menimbun aliran Sungai Batang Gasan membuat aliran sungai terhambat material longsor di Korong Pasa Aua Malintang, Nagari III Koto Aua Malintang Selatan, Kecamatan IV Koto Aua Malintang.


Selanjutnya pada hari Selasa (26/10) terjadi dua kejadian bencana yang melanda kawasan Padang Pariaman, yaitu sekitar pukul 02.00 WIB, angin kencang mengakibatkan sebatang pohon tumbang menimpa rumah warga dan merusak bagian atap rumah tersebut di Korong Olo Bangau, Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai.

Lalu, sekitar pukul 20.00 WIB, angin kencang disertai hujan juga mengakibatkan pohon tumbang dan menutupi badan jalan di Korong Kampuang Padang, Nagari III Koto Aua Malintang, Kecamatam IV Aua Malintang.


Sementara pada Rabu (27/10) sekitar pukul 05.00 WIB, tanah longsor menutupi badan jalan di Korong Lansano, Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto.

Diketahui tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana disejumlah kawasan Padang Pariaman itu.

“Untuk saat ini kejadian tersebut sudah kami tangani, mulai dari material longsor serta pohon tumbang sudah kami bersihkan,” ungkap Budi Mulya.

BACA JUGA : Banjir di Padang Pariaman Mulai Surut, Warga Diminta Waspada Banjir Susulan

Ia menambahkan, melihat kondisi cuaca yang masih ekstrem, kejadian bencana serupa berpotensi terjadi lagi.

“Kami meningatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada 24 jam, karena cuaca yang tidak menentu bisa berpotensi tanah longsor atau pohon tumbang kembali terjadi,” himbau Kalaksa BPBD Padang Pariaman itu.(hafiz/mg)

Dilihat: 201